Uang dan profil, tentu saja, tapi apa yang dibawa Lionel Messi ke Miami di lapangan?

By Jonathan Wilson

Dengan pemain yang kurang berbakat di sekelilingnya, superstar pemalu Inter ini bisa berjuang dengan fisik MLS

Seorang penggemar Inter Miami dengan potongan karton Lionel Messi. Kemungkinan penandatanganan superstar akan menghasilkan sejumlah akting cemerlang yang mendebarkan di tim Inter Miami yang tidak benar-benar mengancam penghargaan besar. Foto: Rebecca Blackwell/AP

Inter Miami sekarang menjadi franchise olahraga Amerika kelima yang paling banyak diikuti di Instagram, jumlahnya melonjak dari 900.000 menjadi hampir sembilan juta. Mereka harus memperluas stadion mereka dan tiket untuk sisa pertandingan kandang mereka musim ini seharga $350. Semua ini untuk tim yang masuk ke dasar klasemen akhir pekan di Wilayah Timur. Lionel Messi telah memberikan dampak yang sangat besar pada klub barunya. Seperti yang dikatakan oleh komisaris MLS, Don Garber, kepindahan Messi ke Amerika Serikat adalah “peluang finansial yang sangat besar”.

Sangat mudah untuk tergoda oleh ini. Sangat mudah untuk merasa lega bahwa pemain terhebat di generasinya tidak akan berada di antara mereka yang memperdagangkan integritas mereka untuk sekarung uang Saudi (meskipun mengingat Messi adalah duta Visit Saudi, kapal itu mungkin sudah berlayar). Sangat mudah untuk menganggap Messi sebagai semacam misionaris, Pelé zaman modern, mengantarkan sepak bola ke kaum kafir.

Hampir semua pembicaraan seputar kepindahannya berfokus pada apa yang akan dia lakukan untuk profil waralaba dan liga, bagaimana dia akan menghasilkan gaji antara $50 juta dan $60 juta per tahun dan telah diberikan ekuitas di klub, serta sebagian dari pendapatan MLS dari Adidas dan Apple. Dia juga telah “menciptakan” sandwich baru untuk menghormati kepindahan kafe Hard Rock. Apa yang hilang – mungkin bahkan tidak sopan untuk mengangkatnya – adalah diskusi tentang sepak bola yang sebenarnya. Bisakah dia dan Josef Martínez bermain bersama? Bagaimana dia akan terhubung dengan Ben Cremaschi di sebelah kanan? Apakah Inter lebih baik dengan empat atau tiga bek?

Tentu saja tampaknya tidak ada yang terlalu memikirkan Rodolfo Pizarro, yang digantikan 20 menit memasuki paruh kedua hasil imbang 2-2 minggu lalu dengan DC United dan sekarang mendapati kontraknya diputus untuk memberi jalan bagi Messi – kerusakan tambahan dalam peluang keuangan besar ini .

Tapi mari kita sejenak bermain game. Mari kita berpura-pura ini adalah penandatanganan normal. Apa yang dibawa pemain Messi ke Inter Miami? Dia sebenarnya telah menjadi masalah bagi Barcelona selama beberapa tahun sebelum dia bergabung dengan Paris Saint-Germain pada 2021 dan bukan hanya karena tuntutannya yang luar biasa, meskipun itu benar-benar mencengangkan.

Joshua Robinson dan Jon Clegg mengungkapkan dalam buku mereka Messi vs Ronaldo, bagaimana ayah Messi, Jorge, menyarankan kepada presiden Barca saat itu, Josep Bartomeu, pada tahun 2017 bahwa mereka mungkin ingin mengontrak pasangan putranya Ángel Di María dari PSG. Barça tidak benar-benar menginginkannya tetapi mengajukan tawaran sebesar €30 juta karena tahu itu akan ditolak; di mana Jorge Messi meminta mereka untuk memberikan cadangan € 30 juta itu kepada Leo. Bartomeu, menyadari di mana letak kekuatan di klub, menurut.

Lionel Messi membelokkan drive sejauh 20 yard ke sudut atas 79 detik memasuki pertandingan persahabatan bulan lalu untuk Argentina melawan Australia di Beijing. Foto: Molly Darlington/Reuters

Sejak kepergian Pep Guardiola pada tahun 2012, kontribusi Messi untuk pers Barca semakin berkurang. Dia berkeliaran, mengintai lawan, mengidentifikasi kelemahan mereka lalu mengeksploitasi mereka. Ketika dia mengarahkan drive sejauh 20 yard ke sudut atas 79 detik memasuki pertandingan persahabatan bulan lalu untuk Argentina melawan Australia di Beijing, itu adalah pertama kalinya dia mencetak gol senior dalam dua menit pertama pertandingan – dalam karir ketika dia telah mencetak 834 kali.

Ada sesuatu yang memesona tentang minimalisnya. Dia telah menghapus permainan kembali ke esensinya; hadiah terbesarnya mungkin adalah kemampuannya untuk memilih opsi tarif terendah yang diperlukan dalam situasi apa pun. Ada keanggunan yang nakal untuk semua yang dia lakukan di atas lapangan, namun kesuksesannya berakar pada perhitungan yang dingin dan tidak cerewet.

Tapi kurangnya kerja pertahanan itu bermasalah dalam permainan modern. Antara 2015, ketika mereka terakhir memenangkan Liga Champions, dan 2021 ketika Messi pergi ke PSG, kampanye Eropa Barcelona ditandai dengan kekalahan telak: 4-0 melawan PSG dan kemudian 3-0 melawan Juventus pada 2016-17; 3-0 melawan Roma pada 2017-18; 4-0 melawan Liverpool pada 2018-19; 8-2 melawan Bayern pada 2019-20; 4-1 melawan PSG pada 2020-21.

Dengan bola, Barcelona baik-baik saja, tetapi begitu mereka tidak bisa mendominasi penguasaan bola, lini tengah mereka yang sudah tua dibiarkan terekspos oleh lini depan yang menawarkan sedikit perlindungan. PSG bersama Messi dua kali kalah di babak 16 besar Liga Champions.

Messi memenangkan Piala Dunia bersama Argentina. Tetapi sebagian karena anggota skuad lainnya sangat berkomitmen untuk membantu Messi memenangkan Piala Dunia, sebagai kompensasi atas kurangnya pekerjaan defensif; dan sebagian karena sepak bola internasional, karena relatif kurangnya waktu yang dihabiskan pemain dan pelatih bersama, beroperasi dengan struktur yang kurang canggih daripada sepak bola klub modern sehingga tetap lebih mampu mengakomodasi individu.

Apa artinya bagi Inter Miami sangat sulit untuk dikatakan. Sangat mengecewakan bahwa pemecatan Phil Neville telah menyangkal kami kemungkinan komedi yang luar biasa, semacam Ted Lasso yang terbalik bertemu dengan The Office. Penunjukan Gerardo Martino masuk akal sebagai langkah pro-Messi, mengingat dia juga berasal dari Rosario dan melatihnya bersama Argentina dan Barcelona, ​​meskipun tidak dapat dikatakan salah satu dari tugas itu sangat berhasil.

Tapi tidak ada alasan untuk menganggap Inter tiba-tiba akan mulai mendominasi permainan dengan cara yang akan menutupi kurangnya pekerjaan defensif Messi. Mungkin penandatanganan Sergio Busquets akan membantu mereka mengontrol lini tengah, tetapi dia berusia 34 tahun dan tidak pernah cepat.

Dengan pemain yang kurang berbakat di sekitarnya daripada di Barcelona, ​​​​mungkin dia akan kesulitan mengatasi fisik MLS. Mungkin kehadiran Messi akan menginspirasi orang-orang di sekitarnya; itu tentu harus menciptakan ruang bagi orang lain. Namun, kemungkinannya, kecuali masuknya pemain baru atau Martino yang memiliki dampak yang benar-benar transformasional, adalah bahwa Messi akan menghasilkan sejumlah akting cemerlang yang mendebarkan dalam tim yang tidak benar-benar mengancam untuk mendapatkan penghargaan besar.

Dan mungkin itu tidak terlalu penting. Ini tentang meningkatkan profil Inter Miami khususnya dan MLS pada umumnya, dan tentang meningkatkan status Messi di AS. Kesepakatan itu akan melakukan itu dan itu akan membuat Messi lebih kaya. Tapi itu mengatakan sesuatu tentang kondisi sepakbola modern bahwa potensi pemasaran dari langkah tersebut membayangi apa artinya di lapangan. Ini digunakan untuk menjadi olahraga.

Terjemahan dari The Guardian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *